Wednesday, March 20, 2013

India tidak Ikut Piala Dunia gara-gara Sepatu


Saat Piala Dunia 1950 di Brazil, India mendapat kesempatan tampil sebagai wakil Asia. Tapi, jangan heran, mereka tidak mengambil peluang emas ini. Alasannya konyol, karena pemain-pemain India menolak bermain memakai sepatu. Wew?!

Sepakbola India
Ilustrasi.

Kualifikasi Piala dunia 1950

Di kualifikasi zona Asia, India bersama 3 negara lainnya (Burma, Philipina, dan INDONESIA -negeri kita) harus memperebutkan satu tiket ke Piala Dunia 1950. Sayangnya, tiga negara tersebut mengundurkan diri karena alasan situasi politik ekonomi. Jadilah India mendapat jatah tiket otomatis.

Gara-gara sepatu
India sebetulnya sudah ditempatkan di grup 3 bersama Swedia, Italia, dan Paraguay. Namun mereka tidak jadi ikut karena dilarang FIFA memainkan bola sambil bertelanjang kaki.

Pemain-pemain India memang terbiasa menggunakan kaki telanjang alias nyeker saat bermain sepakbola, dan hal ini bukanlah hal yang aneh pada masa itu. Namun di Piala Dunia 1950, FIFA mewajibkan seluruh tim untuk memakai sepatu. Pemain-pemain India menolak memakai sepatu dan mereka pun gagal berkesempatan menjadi wakil Asia di ajang Piala Dunia.

Sekedar cerita, pelari maraton Ethiopia Abibi Bikila memenangkan medali emas Olimpiade 1960 tanpa menggunakan alas kaki.

Padahal pada era 1950-60, sepakbola India sedang berjaya. Timnas sepakbola India, tanpa sepatu, mampu lolos ke Olimpiade 1948 dan 1952. Di Olimpiade 1956, kali ini sudah bersepatu, mereka sukses menembus babak semifinal. Bahkan di tahun 1964, India adalah runner-up Piala Asia.

Sekarang mereka mungkin menyesal karena hingga saat ini India belum pernah tampil di Piala Dunia. Seandainya saja pada tahun 1950 mereka mau pakai sepatu.

Cerita versi lain
Namun harus diceritakan juga versi lain (yang tidak aneh) tentang kisah India di Piala Dunia 1950. Ada yang menyatakan ketidakikutsertaan mereka murni karena alasan krisis ekonomi. Ada pula yang mengatakan bahwa pemain-pemain India merasa keberatan melakukan perjalanan lintas samudra ke Brazil. Sementara alasan resmi dari federasi sepakbola india, mereka belum sempat berlatih dan belum menseleksi pemain yang siap untuk tampil.

Sailen Manna, mantan kapten timnas India, pernah mengatakan alasannya sendiri, "Kami tidak pernah diberitahu bahwa Piala Dunia adalah turnamen penting. Bagi kami saat itu, Olimpiade adalah segalanya. Tidak ada turnamen yang lebih besar".


Lihat juga: Balita Dikontrak Klub Profesional

Source: India tidak Ikut Piala Dunia gara-gara Sepatu | Sepaxbola http://www.sepaxbola.info/2011/07/india-tidak-ikut-piala-dunia-gara-gara.html#ixzz2O8erLHrv
Copyright & Permissions: Konten boleh di-copy dg menyertakan kredit 'link aktif' sbg sumber. Sepaxbola.info berhak mengajukan delik aduan DMCA jika terjadi pelanggaran hak cipta.
Under Creative Commons License: Attribution

No comments:

Post a Comment